About Me

My photo
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
A Man With Orange Flavor
evan rizky ashari On Thursday, 22 December 2011
Kata gue, cinta itu buta. Hal ini tentu sangat menggembirakan bagi orang-orang jelek, termasuk gue. Namun, kenyataan kadang berkata lain, mau gimana pun juga orang jelek susah dapet pacar. Dan sampai akhirnya timbulah internet. Dengan adanya intenet, terutama fasilitas chatting, orang yang aslinya jelek, bisa dapet kesempatan lebih besar untuk berkenalan dengan cewek cantik. Di zaman kayak gini, teknologi bener-bener membantu orang mudah jatuh cinta. Prosedur orang PDKT jaman sekarang seperti ini: ngeliat fotonya di friendlist temen – message “hai temennya X yah?” – add friends – di accept – wall – message minta nomer hp atau ga pin BB – ketemuan – pacaran deh. Sebagai orang jelek, selama di SMP gue gak pernah dilirik sama cewek, gue bahkan gak pernah dapet kesempatan untuk kenalan sama cewek yang popular dan cantik di sekolah gue. Makanya, sebagai orang jelek gue selalu memakai MSN (semacem tempat chatting gitu deh) untuk mencari cewek. Ini perfect banget buat gue, karena di MSN muka dan badan kita terlihat 1000x lebih ganteng daripada pada aslinya. Kita bisa kenalan dan ngajak ngobrol sama cewek mana pun yang kita mau syukur-syukur dia tertarik dengan cara kita mengajak dia ngobrol. Namun sayangnya, yang pernah terjadi sama gue saat biasanya seperti ini: gue ngeliat nickname menarik punya si cewek – ajak chatting/kenalan – tukeran nomer pin bb – ketemuan – si cewek muntah – gue pulang patah hati. Dan akhirnya sampe gue nemuin account msn dilla_aja@live. Perkenalan gue sama dila dimulai dari gue yang iseng-iseng chatting dan ngeliat ada cewek yang aktif gonta-ganti status di msn nya, nicknamenya lucu, gue ajakin kenalan. Ternyata orangnya seru dan sangat aktif dan dia seneng chatting sama gue. Dila sendiri juga cerita tentang keluarga dia, makanan yang dia suka, sampe ke temen-temen baiknya. Gue suka film ben 10, dan suka minum teh manis anget tapi ga terlalu manis dan terlalu anget. Dia cerita suka ga suka nonton kartun dan ga suka minum teh manis anget tapi ga terlalu manis dan terlalu anget. Dan ini berbanding kebalik banget sama gue. Dila suka sekali sama sepak bola, berbeda dengan gue yang gak tau apa-apa soal bola dimasa itu. Dila hafal nama pemain bola dan posisi mereka masing-masing. Posisi bola favorit dila adalah gelandang menyerang: pemain tengah lapangan yang mengatur tempo permainan dilapangan. Sedangkan posisi gue tau dimasa itu Cuma gelandangan: orang yang mengaduk-aduk sampah di rumah gue. Pendekatan gue dengan dila ini akhirnya berlanjut ke tahap berikutnya, di sebuah sesi chatting dila curhat tentang mantan pacarnya gitu deh, awalnya si agak males juga yah dengerinnya tapi lama-kelamaan seru juga dengerinnya dan gue curiga, disaat dia curhat mungkin mencampurkan caffeine dengan dosis yang tinggi sehingga disaat dengerin curhat dia gue jadi semangat dan ga ngantuk lagi. Hari demi hari gue laluin dengan chatting sama dila dan ternyata dila itu satu sekolah sama gue dan gue baru sadar ketika dia nanya: Dilla_aja : eh van, ngomong-ngomong lo sekolah dimana? Evangepoy : gue diyaspor dil, lo dimana? Dilla_aja : hah? Yaspor? Serius lo? Evangepoy : iya dil seriusan gue, kenapa emang? Lo tau yaspor dimana?Jarang-jarang loh orang yang tau yaspor Dilla_aja : bukan tau lagi van, gue juga sekolah disitu -______- Evangepoy : *binggung dan ga bales lagi, takut kebongkar ke jelekan gue Dilla_aja : heh! Ko ga dibales lagi chat gue? Evangepoy : hmm sorry sorry gue ketiduran *alesan yang paling masuk akal menurut gue Dilla_aja : halaaaaah boong. Gue jurusan IPA, lo pasti IPS yah? Evangepoy : iya gue IPS hihi. Gue ga eksis dil di sekolah makanya lo ga kenal gue. Dan akhirnya si dila pun ngajak gue ketemuan di kantin sekolah. Dan matilah gue kalo dia liat muka kotak kaya spongebob gini, gue pasti bakalan diketawain langsung. Dan akhirnya gue memberanikan diri gue buat ketemuan di kantin sekolah. Langkah gue ke kantin di hari itu menjadi lebih berat dari biasanya, yang 2 menit juga sampe eh ini malah 10 menit ga sampe-sampe juga. Dan gue sampai juga dengan nafas yang mulai terengah-engah. Gue lihat msn di hp, eh ternyata si dila ngechat gue Dilla_aja : eh mana lo? Gue udh lumutan nih dikantin. Oiya gue yg pake baju putih rambut panjang sebahu. Gue mikir: yailah pake baju putih namanya juga disekolah, nenek-nenek salto juga tau kalo kebanyakan cewek itu berambut lebih panjang dari cowo -______- Setelah gue cari cari akhirnya mata gue tertuju sama sesosok wanita duduk di pojokan dengan baju putih dan rambaut panjang, gue pun berkata: “itu beneran dila yang dipojokan? Gila serem banget ngajak ketemuan dipojokan kampus, jangan-jangan itu bukan dila tapi hantuuuuuuu…… aaaaaaahhhhhhh!!!!” Dan akhirmya gue memberanikan diri buat nyapa dila duluan: “dila yah?” “iya van gue dila” Alhamdulilah ternyata beneran dila hahaha. Dan akhirnya gue ngobrol gitu deh sama dia, tapi yang ada diotak gue cuman satu: “apakah abis kejadian ini dila masih mau ga yah temenan sama gue? Gue takut dia enek ngeliat muka kotak sabun gini” Dan tenyata firasat gue salah, hubungan gue sama dila pun lebih akrab dari sebelumnya. Dia jadi sering nyapa gue duluan kalo ketemu di sekolah. Dan itu yang membuat gue untuk pertama kali merasakan menjadi orang ganteng. Setelah PDKT lama sama dila akhirnya gue pun berani untuk pertama kalinya ngajak cewek dinner romantis gitu di sebuah mall dikawasan Jakarta selatan. Yaaa kurang lebih seperti inilah car ague ngajak jalan dia: Evangepoy : eh dil sabtu ada acara ga? Dilla_aja : ga ada van, kenapa emg? Mau ngajak jalan yah? Haahaha Ni orang emang pedenya selangit, tinggi banget deh pedenya mungkin film elang terbang yang di indosiar aja kalah tinggi sama dia. Okey lanjut lagi: Evangepoy : yeee pede banget lo dil haha, iya sih mau ngajak makan malem aja hihi, bisa ga lo? Jam 7 gue jemput yah. Gimana? Dilla_aja : okey deal yah! Dan akhirnya gue pun berhasil ngajak dia jalan, seneng banget gue hari itu bisa jalan bareng sama dia. Okey singkat cerita, gue udah berada dalam mall tersebut yaa udah lumayan lamalah muter-muter ga jelas dan gatau apa yg mau dibeli. Akhirnya gue menoleh ke arah dila gue liat mukanya udah kelaperan banget, nah karena gue orangnya ga tegaan akhirnya gue ajak dia makan di sebuah restoran yang lumayan elit dan lumayan juga buat nguras kantong pelajar kere kaya gue, dengan berat hati gue ajaklah dia makan di restoran tersebut. Gue inget banget tuh hari ini tanggal 24 januari 2009 jam 2 lewat 4 menit terus kita duduku di meja nomer 1, nah 1 ini gue anggap sebagai januari dan jam 2 lewat 4 menit ini gue anggap 24, nah kalo yang 2009 nya ga usah ditanya yah. Okey kita pun akhirnya mesen menu yang di gambarnya terlihat banyak seperti porsi kuli puasa 3hari tapi ketika di sajikan itu porsi berubah menjadi porsi anak bayi yang baru bisa makan nasi, sedikit banget ternyata aslinya, di hari itu gue merasa gagal milih makanan. Kita pun akhirnya makan lalu ditengah-tengah gue pun memberanikan diri buat ngungkapin rasa yang gue rasain ini, gue gatau ini rasanya gimana tapi yang jelas ini bikin gue keringet dingin diruangan ber-ac: Evan :dil, gue mau ngomong sama lo ni *sambil ngelapin keringet Dilla : ngomong tinggal ngomong *dengan lahap memakan makanannya Evan : hmmm…. Sebenernya gue ituuuuuuuuu mauuuuu ngomonggggg…. Eh ga jadi deh dil nanti aja Dilla : yaelah sekarang aja si van Evan : okey! Sabar dil sabar! *dengan nada agak sedikit gugup Dilla : selow aja sama gue mah Evan : okey gue mau ngomong kalo gue suka sama lo dan gue mau lo jadi pacar dil, gimana? *rasanya mau mati gimana gitu Dilla : yakin suka sama gue? Yakin mau jadi pacar gue? Yakin? Evan : IYAAAAAAAA GUE YAKIIIIIIIN…….!!!!!!!! Dilla : yaudah Evan : yaudah apan? Diterima? Dilla : iya *nerusin makan Sebagai cowok yang baru resmi punya pacar gue merasa gagal karena pacar gue lebih milih makanannya ketimbang gue. Tapi yaudahlah yang penting gue punya pacar. Dan gue berhasil mematahkan teori kalo cowok jelek ga bakal punya pacar.
evan rizky ashari On Wednesday, 2 November 2011
Saham adalah satuan nilai atau pembukuan dalam berbagai instrumen finansial yang mengacu pada bagian kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market). Karakteristik Saham Preferen Saham Preferen memiliki karakteristik sebagai berikut Memiliki berbagai tingkat, dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda Tagihan terhadap aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen dividen kumulatif, bila belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa Konvertibilitas, dapat ditukar menjadi saham biasa, bila kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi penerbit terbentuk Saham Biasa Memiliki karakteristik: Hak suara pemegang saham, dapat memillih dewan komisaris Hak didahulukan, bila organisasi penerbit menerbitkan saham baru Tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja Kategori Bila ditinjau dari kinerja perdagangan, saham dapat dikelompokkan menjadi : Blue chip stocks, saham biasa yang memiliki reputasi tinggi, sebagai pemimpin dalam industrinya, memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen Income stocks, saham suatu emiten dengan kemampuan membayarkan dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya Growth stocks, terdiri dari well-known dan lesser-known Speculative stocks, saham secara konsisten memperoleh penghasilan dari tahun ke tahun, mempunyai kemungkinan penghasilan yang tinggi di masa mendatang, namun belum pasti Counter cyclical stocks, saham yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum
evan rizky ashari On
Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Gerbang kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Ada lima versi cerita populer yang berkembang di masyarakat tentang asal-usul Reog dan Warok, namun salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita tentang pemberontakan Ki Ageng Kutu, seorang abdi kerajaan pada masa Bhre Kertabhumi, Raja Majapahit terakhir yang berkuasa pada abad ke-15. Ki Ageng Kutu murka akan pengaruh kuat dari pihak istri raja Majapahit yang berasal dari Cina, selain itu juga murka kepada rajanya dalam pemerintahan yang korup, ia pun melihat bahwa kekuasaan Kerajaan Majapahit akan berakhir. Ia lalu meninggalkan sang raja dan mendirikan perguruan di mana ia mengajar seni bela diri kepada anak-anak muda, ilmu kekebalan diri, dan ilmu kesempurnaan dengan harapan bahwa anak-anak muda ini akan menjadi bibit dari kebangkitan kerajaan Majapahit kembali. Sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk melawan pasukan kerajaan maka pesan politis Ki Ageng Kutu disampaikan melalui pertunjukan seni Reog, yang merupakan "sindiran" kepada Raja Kertabhumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu membangun perlawanan masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog. Dalam pertunjukan Reog ditampilkan topeng berbentuk kepala singa yang dikenal sebagai "Singa barong", raja hutan, yang menjadi simbol untuk Kertabhumi, dan diatasnya ditancapkan bulu-bulu merak hingga menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan pengaruh kuat para rekan Cinanya yang mengatur dari atas segala gerak-geriknya. Jatilan, yang diperankan oleh kelompok penari gemblak yang menunggangi kuda-kudaan menjadi simbol kekuatan pasukan Kerajaan Majapahit yang menjadi perbandingan kontras dengan kekuatan warok, yang berada dibalik topeng badut merah yang menjadi simbol untuk Ki Ageng Kutu, sendirian dan menopang berat topeng singabarong yang mencapai lebih dari 50 kg hanya dengan menggunakan giginya. Kepopuleran Reog Ki Ageng Kutu akhirnya menyebabkan Bhre Kertabhumi mengambil tindakan dan menyerang perguruannya, pemberontakan oleh warok dengan cepat diatasi, dan perguruan dilarang untuk melanjutkan pengajaran akan warok. Namun murid-murid Ki Ageng kutu tetap melanjutkannya secara diam-diam. Walaupun begitu, kesenian Reognya sendiri masih diperbolehkan untuk dipentaskan karena sudah menjadi pertunjukan populer di antara masyarakat, namun jalan ceritanya memiliki alur baru di mana ditambahkan karakter-karakter dari cerita rakyat Ponorogo yaitu Kelono Sewandono, Dewi Songgolangit, dan Sri Genthayu. Versi resmi alur cerita Reog Ponorogo kini adalah cerita tentang Raja Ponorogo yang berniat melamar putri Kediri, Dewi Ragil Kuning, namun di tengah perjalanan ia dicegat oleh Raja Singabarong dari Kediri. Pasukan Raja Singabarong terdiri dari merak dan singa, sedangkan dari pihak Kerajaan Ponorogo Raja Kelono dan Wakilnya Bujang Anom, dikawal oleh warok (pria berpakaian hitam-hitam dalam tariannya), dan warok ini memiliki ilmu hitam mematikan. Seluruh tariannya merupakan tarian perang antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo, dan mengadu ilmu hitam antara keduanya, para penari dalam keadaan "kerasukan" saat mementaskan tariannya. Hingga kini masyarakat Ponorogo hanya mengikuti apa yang menjadi warisan leluhur mereka sebagai warisan budaya yang sangat kaya. Dalam pengalamannya Seni Reog merupakan cipta kreasi manusia yang terbentuk adanya aliran kepercayaan yang ada secara turun temurun dan terjaga. Upacaranya pun menggunakan syarat-syarat yang tidak mudah bagi orang awam untuk memenuhinya tanpa adanya garis keturunan yang jelas. mereka menganut garis keturunan Parental dan hukum adat yang masih berlaku Tokoh-tokoh dalam seni Reog: Jathil Jathil adalah prajurit berkuda dan merupakan salah satu tokoh dalam seni Reog. Jathilan merupakan tarian yang menggambarkan ketangkasan prajurit berkuda yang sedang berlatih di atas kuda. Warok "Warok" yang berasal dari kata wewarah adalah orang yang mempunyai tekad suci, memberikan tuntunan dan perlindungan tanpa pamrih. Warok adalah wong kang sugih wewarah (orang yang kaya akan wewarah). Artinya, seseorang menjadi warok karena mampu memberi petunjuk atau pengajaran kepada orang lain tentang hidup yang baik.Warok iku wong kang wus purna saka sakabehing laku, lan wus menep ing rasa (Warok adalah orang yang sudah sempurna dalam laku hidupnya, dan sampai pada pengendapan batin). Barongan (Dadak merak) Barongan (Dadak merak) merupakan peralatan tari yang paling dominan dalam kesenian Reog Ponorogo. Bagian-bagiannya antara lain; Kepala Harimau (caplokan), terbuat dari kerangka kayu, bambu, rotan ditutup dengan kulit Harimau Gembong. Dadak merak, kerangka terbuat dari bambu dan rotan sebagai tempat menata bulu merak untuk menggambarkan seekor merak sedang mengembangkan bulunya dan menggigit untaian manik - manik (tasbih). Krakap terbuat dari kain beludru warna hitam disulam dengan monte, merupakan aksesoris dan tempat menuliskan identitas group reog. Klono Sewandono Klono Sewandono atau Raja Kelono adalah seorang raja sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman kemana saja pergi sang Raja yang tampan dan masih muda ini selalu membawa pusaka tersebut. Pusaka tersebut digunakan untuk melindungi dirinya. Kegagahan sang Raja di gambarkan dalam gerak tari yang lincah serta berwibawa, dalam suatu kisah Prabu Klono Sewandono berhasil menciptakan kesenian indah hasil dari daya ciptanya untuk menuruti permintaan Putri (kekasihnya). Karena sang Raja dalam keadaan mabuk asmara maka gerakan tarinyapun kadang menggambarkan seorang yang sedang kasmaran. Bujang Ganong (Ganongan) Bujang Ganong (Ganongan) atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang enerjik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga disetiap penampilannya senantiasa di tunggu - tunggu oleh penonton khususnya anak - anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang Patih Muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka dan sakti
evan rizky ashari On Tuesday, 1 November 2011
WAYANG salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.
Menurut penelitian para ahli sejarah kebudayaan, budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia.

Penyesuaian konsep filsafat ini juga menyangkut pada pandangan filosofis masyarakat Jawa terhadap kedudukan para dewa dalam pewayangan. Para dewa dalam pewayangan bukan lagi merupakan sesuatu yang bebas dari salah, melainkan seperti juga makhluk Tuhan lainnya, kadang-kadang bertindak keliru, dan bisa jadi khilaf. Hadirnya tokoh panakawan dalam_ pewayangan sengaja diciptakan para budayawan In­donesia (tepatnya budayawan Jawa) untuk mem­perkuat konsep filsafat bahwa di dunia ini tidak ada makhluk yang benar-benar baik, dan yang benar-benar jahat. Setiap makhluk selalu menyandang unsur kebaikan dan kejahatan.

Dalam disertasinya berjudul Bijdrage tot de Kennis van het Javaansche Tooneel (1897), ahli sejarah kebudayaan Belanda Dr. GA.J. Hazeau menunjukkan keyakinannya bahwa wayang merupakan pertunjukan asli Jawa. Pengertian wayang dalam disertasi Dr. Hazeau itu adalah walulang inukir (kulit yang diukir) dan dilihat bayangannya pada kelir. Dengan demikian, wayang yang dimaksud tentunya adalah Wayang Kulit seperti yang kita kenal sekarang.

Asal Usul

Mengenai asal-usul wayang ini, di dunia ada dua pendapat. Pertama, pendapat bahwa wayang berasal dan lahir pertama kali di Pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Pendapat ini selain dianut dan dikemukakan oleh para peneliti dan ahli-ahli bangsa Indonesia, juga merupakan hasil penelitian sarjana-sarjana Barat. Di antara para sarjana Barat yang termasuk kelompok ini, adalah Hazeau, Brandes, Kats, Rentse, dan Kruyt.

Alasan mereka cukup kuat. Di antaranya, bahwa seni wayang masih amat erat kaitannya dengan keadaan sosiokultural dan religi bangsa Indonesia, khususnya orang Jawa. Panakawan, tokoh terpenting dalam pewayangan, yakni Semar, Gareng, Petruk, Bagong, hanya ada dalam pewayangan Indonesia, dan tidak di negara lain. Selain itu, nama dan istilah teknis pewayangan, semuanya berasal dari bahasa Jawa (Kuna), dan bukan bahasa lain.

Sementara itu, pendapat kedua menduga wayang berasal dari India, yang dibawa bersama dengan agama Hindu ke Indonesia. Mereka antara lain adalah Pischel, Hidding, Krom, Poensen, Goslings, dan Rassers. Sebagian besar kelompok kedua ini adalah sarjana Inggris, negeri Eropa yang pernah menjajah India.

Namun, sejak tahun 1950-an, buku-buku pe­wayangan seolah sudah sepakat bahwa wayang memang berasal dari Pulau Jawa, dan sama sekali tidak diimpor dari negara lain.

Budaya wayang diperkirakan sudah lahir di Indo­nesia setidaknya pada zaman pemerintahan Prabu Airlangga, raja Kahuripan (976 -1012), yakni ketika kerajaan di Jawa Timur itu sedang makmur-makmur­nya. Karya sastra yang menjadi bahan cerita wayang sudah ditulis oleh para pujangga Indonesia, sejak abad X. Antara lain, naskah sastra Kitab Ramayana Kakawin berbahasa Jawa Kuna ditulis pada masa pemerintahan raja Dyah Balitung (989-910), yang merupakan gubahan dari Kitab Ramayana karangan pujangga In­dia, Walmiki. Selanjutnya, para pujangga Jawa tidak lagi hanya menerjemahkan Ramayana dan Mahabarata ke bahasa Jawa Kuna, tetapi menggubahnya dan menceritakan kembali dengan memasukkan falsafah Jawa kedalamnya. Contohnya, karya Empu Kanwa Arjunawiwaha Kakawin, yang merupakan gubahan yang berinduk pada Kitab Mahabarata. Gubahan lain yang lebih nyata bedanya derigan cerita asli versi In­dia, adalah Baratayuda Kakawin karya Empu Sedah dan Empu Panuluh. Karya agung ini dikerjakan pada masa pemerintahan Prabu Jayabaya, raja Kediri (1130 - 1160).

Wayang sebagai suatu pergelaran dan tontonan pun sudah dimulai ada sejak zaman pemerintahan raja Airlangga. Beberapa prasasti yang dibuat pada masa itu antara lain sudah menyebutkan kata-kata "mawa­yang" dan `aringgit' yang maksudnya adalah per­tunjukan wayang.

Mengenai saat kelahiran budaya wayang, Ir. Sri Mulyono dalam bukunya Simbolisme dan Mistikisme dalam Wayang (1979), memperkirakan wayang sudah ada sejak zaman neolithikum, yakni kira-kira 1.500 tahun sebelum Masehi. Pendapatnya itu didasarkan atas tulisan Robert von Heine-Geldern Ph. D, Prehis­toric Research in the Netherland Indie (1945) dan tulisan Prof. K.A.H. Hidding di Ensiklopedia Indone­sia halaman 987.

Kata `wayang' diduga berasal dari kata `wewa­yangan', yang artinya bayangan. Dugaan ini sesuai dengan kenyataan pada pergelaran Wayang Kulit yang menggunakan kelir, secarik kain, sebagai pembatas antara dalang yang memainkan wayang, dan penonton di balik kelir itu. Penonton hanya menyaksikan gerakan-gerakan wayang melalui bayangan yang jatuh pada kelir. Pada masa itu pergelaran wayang hanya diiringi oleh seperangkat gamelan sederhana yang terdiri atas saron, todung (sejenis seruling), dan kemanak. Jenis gamelan lain dan pesinden pada masa itu diduga belum ada.

Untuk lebih menjawakan budaya wayang, sejak awal zaman Kerajaan Majapahit diperkenalkan cerita wayang lain yang tidak berinduk pada Kitab Ramayana dan Mahabarata. Sejak saat itulah cerita­cerita Panji; yakni cerita tentang leluhur raja-raja Majapahit, mulai diperkenalkan sebagai salah satu bentuk wayang yang lain. Cerita Panji ini kemudian lebih banyak digunakan untuk pertunjukan Wayang Beber. Tradisi menjawakan cerita wayang juga diteruskan oleh beberapa ulama Islam, di antaranya oleh para Wali Sanga. Mereka mulai mewayangkan kisah para raja Majapahit, di antaranya cerita Damarwulan.

Masuknya agama Islam ke Indonesia sejak abad ke-15 juga memberi pengaruh besar pada budaya wayang, terutama pada konsep religi dari falsafah wayang itu. Pada awal abad ke-15, yakni zaman Kerajaan Demak, mulai digunakan lampu minyak berbentuk khusus yang disebut blencong pada pergelaran Wayang Kulit.

Sejak zaman Kartasura, penggubahan cerita wayang yang berinduk pada Ramayana dan mahabarata makin jauh dari aslinya. Sejak zaman itulah masyarakat penggemar wayang mengenal silsilah tokoh wayang, termasuk tokoh dewanya, yang berawal dari Nabi Adam. Sisilah itu terus berlanjut hingga sampai pada raja-raja di Pulau Jawa. Dan selanjutnya, mulai dikenal pula adanya cerita wayang pakem. yang sesuai standar cerita, dan cerita wayang carangan yang diluar garis standar. Selain itu masih ada lagi yang disebut lakon sempalan, yang sudah terlalu jauh keluar dari cerita pakem.

Memang, karena begitu kuatnya seni wayang berakar dalam budaya bangsa Indonesia, sehingga terjadilah beberapa kerancuan antara cerita wayang, legenda, dan sejarah. Jika orang India beranggapan bahwa kisah Mahabarata serta Ramayana benar-benar terjadi di negerinya, orang Jawa pun menganggap kisah pewayangan benar-benar pernah terjadi di pulau Jawa.

Dan di wilayah Kulonprogo sendiri wayang masih sangatlah diminati oleh semua kalangan. Bukan hanya oleh orang tua saja, tapi juga anak remaja bahkan anak kecil juga telah biasa melihat pertunjukan wayang. Disamping itu wayang juga biasa di gunakan dalam acara-acara tertentu di daerah kulonprogo ini, baik di wilayah kota Wates ataupun di daerah pelosok di Kulonprogo.
evan rizky ashari On
Asal-usul SEA Games berhubungan erat dengan Southeast Asian Peninsular Games atau SEAP Games. SEAP Games dicetuskan oleh Laung Sukhumnaipradit, pada saat itu Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuannya adalah untuk mengeratkan kerjasama, pemahaman dan hubungan antar negara di kawasan ASEAN.
Thailand, Burma (sekarang Myanmar), Malaysia, Laos, Vietnam dan Kamboja (dengan Singapura dimasukkan kemudian) adalah negara-negara pelopor. Mereka setuju untuk mengadakan ajang ini dua tahun sekali. Selain itu dibentuk juga Komite Federasi SEAP Games.
SEAP Games pertama diadakan di Bangkok dari 12 sampai 17 Desember 1959, diikuti oleh lebih dari 527 atlet dan panitia dari Thailand, Burma, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Laos yang berlaga dalam 12 cabang olahraga.
Pada SEAP Games VIII tahun 1975, Federasi SEAP mempertimbangkan masuknya Indonesia dan Filipina. Kedua negara ini masuk secara resmi pada 1977, dan pada tahun yang sama Federasi SEAP berganti nama menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF), dan ajang ini menjadi Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara. Brunei dimasukkan pada Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara X di Jakarta, Indonesia, dan Timor Leste di Pesta Olahraga Negara-Negara Asia Tenggara XXII di Hanoi, Vietnam.
evan rizky ashari On Sunday, 30 October 2011
Pasangan Coleman sedang mengalami permasalahan dalam rumah tangga mereka. Kate mengalami gangguan ketergantungan alkohol , John sedang berselingkuh, dan kedua anak mereka memiliki masalah masing2.
Namun itu tidak menghentikan niat mereka untuk mengadopsi Esther, gadis cantik nan lugu dari rumah yatim piatu.
Tidak ada yang aneh dengan Esther , benarkah?
Satu persatu kejanggalan terjadi , kemisteriusan Esther membayangi kehidupan Coleman

kisah berawal ketika Kate, seorang ibu beranak 2, mengalami depresi dan se ring sekali bermimpi buruk gara-gara anak ketiganya meninggal sebelum dilahirkan. ini menjadi sebuah penentu keputusan untuk mengadopsi seorang anak dari panti asuhan, sebagai sebuah bentuk "obat penyembuh" bagi Kate.

maka pergilah Kate dan suaminya ke sebuah panti asuhan. di sana mereka berdua bertemu dengan seorang gadis 9 tahun yang memesona : manis, mudah bergaul, pintar, dan suka sekali menggambar. jadilah Esther, sang gadis 9 tahun, menjadi anak adopsi bagi Kate dan suaminya.

inilah titik tolak keharmonisan dan keutuhan keluarga Kate. ternyata Esther tidak semanis yang ia tampakkan dari luar. berbagai kejadian, seperti cek cok antara Kate dan suaminya, atau suster panti asuhan yang terbunuh, membuat kate curiga bahwa there's sumthing wrong with esther. sayang, tidak ada seorangpun yang mendukungnya, karena Kate dianggap kembali mengalami depresi dan seharusnya masuk panti rehabilitasi.

klimaks cerita terjadi ketika Daniel, anak tertua Kate hampir mati dibunuh Esther, dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. ternyata usaha pembunuhan Daniel ini tidak berhenti sampai di situ. di rumah sakit Esther berusaha mengakhiri hidup Daniel, untungnya tindakan tersebut berhasil dicegah.

tragedi pun berlanjut ketika suami Kate pun terbunuh. dan akhirnya fakta pun terkuak : bahwa Esther bukanlah seorang gadis berumur 9 tahun, tetapi ia adalah seorang wanita dewasa umur 33 tahun yang menderita penyakit hypopituitary, yaitu pertumbuhan tubuhnya terhenti di umur 9 tahun. karena penyakit itu, Esther--yang bernama asli Leena-- menderita depresi dan kelainan. sejujurnya ia sangat mendambakan sebuah hubungan intim dengan lelaki, namun karena kondii tubuhnya yang tidak memungkinkan itu, akhirnya dia menjadi gila dan menjadi seorang psikopat.

ide cerita film ini sebenarnya klasik. tentang seseorang yang baru kau kenal dan ternyata dia adalah seorang pembunuh berdarah dingin. cuman dlam film ini berwujud seorang anak kecil. dan film ini sebenernya mirip-mirip sama Gothika yang dibintangi sama halle berry, tentang perempuan yang curiga terhadap sesuatu sayangnya dia tidak dipercaya oleh orang-orang di sekitarnya.

terus juga ending cerita yang sangat ngegantung menurutku. mungkin tujuannya biar bikin orang penasaran, cuman kayanya pemotongannya ga pas, jadi kesannya malah ga selesai dan dipotong dengan tidak rapi.

overall, film yang cukup menegangkan dan mampu membuatku jerit-jerit sendirian, haha, enjoy
evan rizky ashari On Thursday, 13 October 2011
Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

Sejarah

Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario,Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.

Menurut cerita, setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup, dia lalu menulis beberapa peraturan dasar, menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga, dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu.

Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith.Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di seluruh negara bagian Amerika Serikat.

Pada awalnya, setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith. Aturan dasar tersebut adalah sebagai berikut.
Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan.
Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan, tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).
Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola, tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa.
Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.
Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk, menahan, mendorong, memukul pemain lawan dengan cara disengaja. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan, pelanggaran kedua akan diberi sangsi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang tim nya dimasuki oleh bola lawan, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan, maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pada masa ini, pergantian pemain tidak diperbolehkan.
Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju), melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4, serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5.
Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut, maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan).
Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang, dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang, maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol.
Apabila bola keluar lapangan pertandingan, bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola, maka wasit yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. pemain yang melempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut, maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan, maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran.
Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5.
Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi.
Waktu pertandingan adalah 4 babak masing-masing 10 menit
Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.